ngowos

25 Tempat Wisata di Pasuruan Yang Terkenal 2018

Tempat Wisata di Pasuruan – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah. Salah satu kota di Indonesia yang memiliki pesona wisata yang eksotis adalah Kota Pasuruan. Pasuruan sendiri merupakan kota yang berada di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Berbagai objek wisata yang ada di Pasuruan ini berbeda-beda mulai dari objek wisata alam, wisata hiburan, wisata taman bermain anak, Tempat Wisata Kuliner di Pasuruan dan masih banyak lagi tempat wisata yang semuanya sangat seru jika dikunjungi.

Tempat Wisata di Pasuruan

Tempat Wisata di Pasuruan

Tempat Wisata di Pasuruan

Pada dasarnya daerah Pasuruan ini terbagi menjadi dua bagian yakni kabupaten Pasuruan dan kota Pasuruan. Hal inilah yang menjadikan kawasan Pasuruan ini sangat begitu luas untuk di eksplor wisatanya. Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai destinasi wisata yang ada di Pasuruan, maka berikut ini akan kami sajikan informansi yang terkait dengan objek wisata di Pasuruan yang sayang jika tidak Anda kunjungi. Nah, Berikut ini adalah daftar 25 Tempat Wisata di Pasuruan yang lagi ngeHits yang wajib harus Anda kunjungi jika sedang berada di Kota Pasuruan.

1. Tretes

Tretes

Tretes

Wisata yang pertama kami rekomendasikan bagi Anda yakni Wisata Pandaan Tretes. Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Objek wisata ini berada di kaki gunung Welirang dan juga gunung Arjuna. Tidak heran jika kawasan tretes perigen ini memiliki udara yang sangat sejuk. Pemandangannya yang memang sunguh eksotis dan udaranya yang segar merupakan keunggulan utama dari objek wisata ini dan yang menjadikan kawasan ini terkenal serta banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Taman Safari Perigen

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Selain tretes, kawasan perigen juga memiliki tempat wisata lain yang terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan yakni Taman Safari II. Taman Safari II ini masih terbilang wisata baru yang ada di Pasuruan dan langsung mendapat apresiaisi yang sangat bagus oleh para wisatawan, sehingga sangat disayangkan apabila Anda tidak mengunjunginya. Objek wisata ini mengambil konsep yang sama dengan taman safari I. Anda dapat mengelilingi kawasan wisata taman safari prigen ini dengan menggunakan mobil pribadi atau juga bus wisata dan melihat secara langsung hewan-hewan yang dilepas bebas di kawasan ini. Udara yang ada di kawasan Taman Safari Prigen ini memang sejuk karena berada di lereng gunung Arjuna pada ketinggian 800 mdpl, tempat ini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk Anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat di waktu liburan.

3. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Siapa yang tidak mengenal keindahan serta keelokan dari tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif yang berada sendiri. Gunung ini terletak di perbatasan kabupaten Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2392 mdpl ini memang sangat memukau dan mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya, dengan didukung oleh beberapa macam tempat wisata yang ada di sekitarnya maka menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang sangat menarik dan asik.

Banyak orang yang bilang bahwa Wisata Gunung Bromo ini adalah Iconnya Provinsi Jawa Timur, memang secara fisik gunung ini tidaklah sebesar gunung – gunung lain yang ada di Jawa Timur, seperti gunung Arjuno, gunung Semeru, gunung Argopuro, dan gunung – gunung yang lainya, tetapi pesonanya yang indah ini sudah menggema tidak hanya di Indonesia saja bahkan hingga sampai ke mancanegara.

4. Bukit flora

Bukit flora

Bukit flora

Bukit flora ini menjadi destinasi wisata Pasuruan yang tak boleh terlewatkan oleh Anda begitu saja. Objek wisata ini berlokasi di sekitar kawasan Nongkojar tepatnya lagi 3 km dari desa Tutur, kecamatan Tutur. Letak ketinggian dari tempat ini yakni berada pada 700 meter di atas permukaan laut maka tak heran jika Bukit Flora ini memiliki suasana yang segar dan sejuk. Bukit Flora ini sangat cocok untuk Anda yang ingin refreshing dan juga relaks dengan melihat keindahan beraneka macam bunga yang ada di bukit ini. Selain dapat menikmati keindahan bunga, Anda di sana  juga bisa melakukan kegiatan out bond. Keseruanakan yang terjalin dan menghasilkan pengalaman indah tak akan terlupakan ketika mengunjungi objek wisata yang satu ini.

5. Pantai Lekok

Pantai Lekok

Pantai Lekok

Objek wisata yang selanjutnya yakni dengan konsep Pantai indah yang berada dikawasan Pasuruan yakni adalah Pantai Lekok. Pantai Lekok Pasuruan merupakan sebuah pantai dengan pemandangan alam yang sangat eksotis. Keunikan tersendiri dari Pantai Lekok yakni selalu menyajikan  banyak pertunjukan rakyat yang membuat para wisatawan menjadi betah berlama-lama di pantai tersebut. Di Pantai Lekok ini juga terdapat olahraga khas nelayan pasuruan yang di gelar tiap tahun dan olahraga tersebut diberi nama ski lot. Jika Anda datang pada waktu yang tepat, maka Anda bisa menikmati berbagai kesenian rakyat tersebut dan juga bisa berbagi keseruan dengan para wisatawan lain serta masyarakat setempat.

6. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul

Pantai Penunggul

Merupakan pantai di Pasuruan yang terkenal karena hutan bakaunya yang sunguh menawan. Pantai indah ini terletak di desa penunggul, Nguling, Pasuruan. Pantai Penunggul Pasuruan ini adalah pantai pesisir yang juga merupakan batas wilayah antara kabupaten Pasuruan dengan kabupaten Probolinggo. Saat ini pemerintah setempat sedang membenahi hutan bakau yang ada di pantai ini sehingga akan siap menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Pasuruan, Jawa Timur yang siap untuk menarik banyak wisatawan pada tahun-tahun yang selanjutnya.

7. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru

Objek wisata yang ke 7 ini masih dengan konsep air yakni Pemandian Alam Banyu Biru. Wisata Pasuruan Banyu Biru ini merupakan tempat yang dapat Anda jadikan untuk melepas lelah sambil berenang. Pemandangan yang berada di kawasan Pemandian Alam Banyu Biru ini masih alami, banyak pohon dan juga tumbuhan rindang. Di kolam tersebut ada juga ikan sengkaring, merupakan ikan yang dikeramatkan. Tidak ada warga yang boleh menyentuh ikan ini. Panjang dari ikan sengkaring bisa mencapai satu meter bahkan lebih. Pemandian Alam Banyu Biru ini sudah dikenal sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Buktinya ada foto kuno pada tahun 1900-an maupun koleksi KILTV dan juga Tropen Museum Belanda.

8. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati

Ranu Grati atau yang biasa disebut Danau Ranu Grati adalah sebuah danau yang luasnya 107 hektar dengan latar belakang pegunungan Tengger. Lokasinya objek wisata ini sekitar 30 menit dari kota Pasuruan, atau 5 menit dari pertigaan Sumurwaru Grati. Anda dapat menikmati panorama yang indah di dalam sekitar Danau ini. selain dapat melihat pemandangan yang indah Anda juga bisa mancing, naik perahu, bersepeda air. Maka dari itu tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga maupun kerabat Anda.

9. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air Terjun Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading merupakan air terjun yang tertinggi di kawasan Nongkojajar. Sama seperti Air Terjun Sumber Nyonya. Walaupun air terjun ini memang cukup tinggi, namun air terjun ini sangat aman karena debit air atau aliran airnya tak terlalu begitu deras, dan juga air yang jatuh tersebut langsung mengenai batu sehingga tidak ada tempat kubangan air yang dalam. Tempat ini tergolong sulit untuk dijangkau karena letaknya yang sangat jauh. Namun bermain air sambil menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun ini menjadikan Anda betah untuk berlama-lama di kawasan tempat wisata alam di Pasuruan yang satu ini.

10. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya

Merupakan tempat wisata di Pasuruan yang masih tergolong baru. Air Terjun yang satu ini merupakan wisata yang menyajikan keindahan alam yang masih alami serta air terjun yang jarang Anda temui di tempat lain. Air Terjun Sumber Nyonya ini memang memiliki aliran air yang deras namun tidak langsung jatuh kedalam tanah melainkan jatuh menimpa bebatuan yang ada dibawahnya sehingga air terjun yang satu ini dapat di katakan objek wisata aman untuk Anda yang ingin lebih dekat menikmati derasnya aliran air terjun. Di sana juga  tidak ada tempat kubangan yang dalam di sekitar air terjun sehingga bermain-main air di sekitar air terjun ini membuat Anda sangat nyaman.

11. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun ke 2 yang sangat indah di Pasuruan adalah air terjun Kakek Bodo. Objek wisata ini berada di ketinggian 850 m dpl dan juga memiliki terjunan air sekitar 40 m. Air terjun Kakek Bodo ini berada di kawasan wisata Tretes yang berada di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur. Lokasi tepatnya yakni berada di dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, dan juga Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan. Objek wisata ini selalu dipadati oleh penggunjung ketika musim liburan tiba.

12. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Air terjun yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata alam di Pasuruan yang menarik dan unik karena aliran ait terjun ini langsung jatuh ke dalam tanah, kemudian diserap oleh tanah dan muncul lagi aliran baru di tempat yang berbeda yang berada di daerah sekitar pemukiman warga. Air terjun yang satu ini memiliki aliran debit air yang sangat cukup deras dengan air yang segar namun tetap jernih. Sesampainya di air terjun tersebut Anda diperbolehkan untuk bermain-main air di tepian sungai. Akses jalan untuk menuju air terjun Gumandar ini cukup mudah untuk dilewati sehingga menjadikan banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati suasana dan juga pesona keindahan alam yang ada di sekitar air terjun Gumandar Pasuruan ini.

13. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung

Air terjun Coban Baung memiliki ketinggian sekitar 100 m. Lokasi air terjun Coban Baung ini berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung yang memiliki luas kurang lebih 195,50 Ha. Air terjun Coban Baung ini bersebelahan dengan kawasan wisata Kebun Raya Purwodadi yang berada di sebelah barat dan juga merupakan pertemuan dari dua aliran sungai, yaitu Sungai Beji dan Sungai Welang. Selain di kawasan ini teradapat air terjun Coban Baung, di sisi timur lokasi air terjun ini juga terdapat empat buah air terjun dengan ketinggian 10 – 20 meter yang terletak di sepanjang aliran Sungai Beji.

14. Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Rambut Moyo

Nama dari air terjun yang satu ini sangat unik yakni Rambut Moyo. Konon nama ini berasal dari nama makam Mbah seorang  tokoh masyarakat setempat yang namanya diabadikan untuk identitas air terjun tersebut.  Sesuai dengan namanya, aliran dari air terjun ini mirip seperti rambut, yakni tipis namun tersebar banyak. Maka dari itu wisata ini menjadi tujuan pengunjung pada musim liburan. Apalagi di bebatuan yang dilewati oleh aliran air terjun ini banyak ditumbuhi lumut tebal berwarna hijau dengan banyak juga batu-batu besar disekitarnya.

15. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno ini memiliki ketinggian air yang sekitar kurang lebih 45 m dan lokasinya berada kaki Gunung Welirang dan juga Arjuno.  Air Terjun yang satu ini masih berada kawasan wisata Tretes yang berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo. Konon, nama dari air terjun ini dulunya diambil dari sebuah mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang tersebut bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular atau (Putuk).

16. Air Terjun Alap-alap

Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap alap ini berada di atas sebuah Air Terjun Kakek Bodo yang dimana air terjun ini masih di sekitar area pegunungan Gunung Wilerang dan Arjuno. Ketinggian dari air terjun Alap-alap ini sekitar 40 m dengan tiga tingkatan, dengan keunikan tersebut maka sayang jika Anda ke Pasuruan tapi tidak mengunjungi air terjun ini. Debit air dari air terjun ini tidaklah besar dan juga airnya mengalir melewati sela-sela tebing batu.  Di bawah kucuran ini terdapat juga kolam kecil yang menampung air dengan luas sekitar 60 m2.

17. Air Terjun Tundo Pitu

Air Terjun Tundo Pitu

Air Terjun Tundo Pitu

Objek wisata yang satu ini terletak beberapa meter dari jalan utama Puspo-Tosari. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Tundo Pitu karena air terjun tersebut berlekuk sampai tujuh. Tapi sayang letak dari air terjun ini sangat terisolir karena ada ditengah hutan yang lebat dan tidak banyak orang yang tahu lokasi tempat air terjun yang sangat mempesona ini.

18. Candi Jawi

Candi Jawi

Candi Jawi

Merupakan sebuah objek wisata yang terkenal di pasuruan yang dibangun pada abad ke 13 yakni pada masa pemerintahan kertanegara yang merupakan raja terakhir saat memerintah kerajaan singasari. Lokasi Candi Jawi ini berada di desa Tretes, Pandaan, Prigen, Jawa Timur. Jika dari arah Surabaya hanya membutuhkan waktu tempuh 40 menit. Candi yang memiliki arsitektur yang sangat menarik dan unik yang memaduhkan antara hindu dan budha ini memiliki puncak berupa stupa yang dibangun dengan menggunakan batuan andesit. Tempat wisata Pasuruan murah ini dapat Anda kunjungi sebagai tempat wisata budaya dan juga sejarah.

19. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir

Selain candi Jawi, di Pasuruan juga ada Candi yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi yakni candi Gunung Gangsir atau yang biasa disebut juga dengan candi Kebon. Candi ini berlokasi di desa Kebon Candi, Gunung Gangsir, Beji, Pasuruan. Gangsir sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa jawa yang memiliki arti menggali. Karena konon asal mula Candi ini dulunya ada orang yang menggali gunung yang merupakan dari Candi ini untuk mengambil berbagai macam benda berharga yang ada di dalam sebuah Candi ini.

20. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Tempat wisata di Pasuruan yang satu ini masih mengambil konsep alam yakni Kebun Raya Purwodadi. Objek wisata ini merupakan pusat sebuah observasi pertanian LIPI yang memiliki luas kebun sekitar 85 hektar. Jika Anda mengunjungi Kebun Raya Purwodadi ini, maka Anda akan mendapati beraneka ragam koleksi tumbuhan yang ada disini. Ada lebih dari 10.000 koleksi jenis tumbuhan yang ada di Kebun Raya Purwodadi yang didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gehard Marinus Baas Becking ini. Dari berbagai jenis tanaman yakni mulai dari polong-polongan, bambu, anggrek, paku, palem, dan masih banyak lagi yang lainya. Selain melihat berbagai macam koleksi tanaman yang telah tumbuh disana, Anda juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati kesejukan alam di kebun raya ini.

21. Perkebunan Apel Khrisna 

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Selain memiliki kebun dengan berbagai macam jenis tanaman, Kabupaten Pasuruan juga memiliki tempat agrowisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Agrowisata tersebut bernama Perkebunan Apel Khrisna yang berlokasi di Desa Andono Sari, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Jika para wisatawan berangkat dari Kota Pasuruan, akan menempuh jarak kurang lebih dari 40 km. Setelah membayar tiket masuk yang telah ditentukan oleh pihak tempat wisata tersebut, para wisatawan dapat menjelajahi kebun apel yang seluas 1100 hektar.

22. Condido Agro Herbal 

Condido Agro Herbal

Condido Agro Herbal

Kabupaten pasuruan memang lengkap selain ada Perkebunan Apel Khrisna dan juga Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan juga memiliki taman yang memiliki beragam jenis bunga yang sangat cantik tentunya, nama objek wisata tersebut bernama Condido Agro Herbal. Obyek wisata di Pasuruan yang satu ini berdiri pada tahun 1997, dan juga terletak di Desa Tutur, Kec. Tutur, Pasuruan, Jawa Timur. Kawasan ini juga dikenal dengan sebutan Nongkojajar. Dan salah satu produk yang menjadi andalan di Condido Agro Herbal adalah bunga krisnan. Selain itu, terdapat juga beraneka ragam jenis tanaman bunga lainnya seperti calla gerbera, gerbera, anthurium andreanum, angrek, dan leather leaf.

23. Bhakti Alam 

Bhakti Alam

Bhakti Alam

Destinasi wisata di Pasuruan yang satu ini merupakan sebuah wahana wisata buah yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih dari 60 hektar. Di Wisata Bhakti Alam Pasuruan ini terdapat sekitar 15 jenis buah¬buahan yang telah tumbuh dengan subur dan buahnya sangat segar di sini. Aneka jenis buah tersebut diantaranya adalah mangga, durian, klengkeng, naga, jeruk, melon, semangka, dan masih banyak lagi lainya. Namun, setiap para pengunjung tidak disarankan untuk memetik langsung buah¬buahan tersebut. Wisata ini juga sangat cocok sebagai wisata edukasi bagi anak-anak Anda supaye mengenal lebih dalam jenis-jenis buah.

24. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark

Saygon Waterpark

Saygon Water Park Pasuruan merupakan sebuah objek wisata taman air yang sangat unik dan juga berbeda dengan water park lain yang ada di Indonesia. Waterpark yang terletak di sengon, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur ini bisa menjadi tujuan utama Anda berlibur bersama kerabat maupun keluarga. Lokasi ini mudah untuk dicapai dari arah Surabaya-Malang, hanya cukup 2menit saja dari perempatan Sengon. Objek wisata ini Dibangun di atas lahan yang cukup luas, dan menawarkan banyak pilihan wahana untuk segala usia. Wahana permainan yang ada di Saygon Waterpark tersebut diantaranya adalah kolam arus, kolam ombak, waterpark anak, slide kecepatan ekstrim, slide terbuka dan juga tertutup, twister,dan masih banyak lagi yang lainnya.

25. Finna Golf & Club Resort

Finna Golf & Club Resort

Finna Golf & Club Resort

Dan objek wisata terakhir yang kami rekomenadsikan untuk Anda adalah Finna Golf dan Club Resost. Objek wisata ini sangat cukup prestis yakni dengan luas area 6,345 M ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan di Pasuruan. Terletak di daerah yang sangat sejuk an dekat dengan pegunungan Welirang dan juga Penanggungan merupakan daya tarik utama bagi Objek wisata yang satu ini.

Tempat Wisata Lainnya

 

Objek-objek wisata yang ada di Pasuruan yang sudah kami sebutkan di atas hanyalah sebagain kecil dari Tempat Wisata di Pasuruan. Masih banyak lagi objek wisata di Pasuruan yang pastinya menyuguhkan pengalaman berwisata yang sangat seru, mengasyikkan dan juga tidak terlupakan. Tinggal bagaimana Anda untuk mengeksplorasi kawasan Pasuruan untuk menemukan objek wisata menarik yang dapat memberikan kesan mendalam ketika berkunjung ke Kabupaten Pasuruan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan untuk Anda terkait 25 tempat wisata di Pasuruan yang paling terkenal, semoga informasi ini dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda yang akan mengexplore daerah Pasuruan. Selamat berwisata di Kabupaten Pasuruan dan terimahkasih telah berkunjung ke ngowos.com.

 

25 Tempat Wisata di Pasuruan Yang Terkenal 2018 | Rafi | 4.9
/* */
error: Content is protected !!