ngowos

33 Tempat Wisata di Magelang Yang Bagus Dan Hits

Tempat Wisata di Magelang – Magelang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang sangat identik dengan nama kota seribu candi, karena memang di Magelang ini terdapat banyak candi termasuk yang pernah menjadi 7 dari keajabian dunia dan menjadi icon dari negara Indonesia yakni Candi Borobudur. Selain Candi Borobudur, Magelang juga mempunyai banyak objek wisata lainya yang patut Anda kunjungi seperti wisata budaya dan sejarah, wisata alam, Wisata Kuliner di Magelang serta juga wisata edukasi. Pada dasarnya Magelang ini terbagi menjadi dua daerah regional yakni Kota Magelang dan Kabupaten Magelang, itulah yang membuat Magelang ini mempunyai banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Magelang

Tempat Wisata di Magelang

Buat Anda yang lagi Cari Tempat Wisata di Magelang yang sangat menarik untuk di kunjungi. Maka dari itu silakan Anda simak artikel ini karena kami akan membahas tentang beberapa tempat wisata favorit para traveler yang terdapat di Magelang. Pembahasan ini bersifat menyeluruh antara tempat wisata yang ada di Kabupaten Magelang maupun di kota Magelang. 33 tempat wisata yang ada di Magelang ini kami pilih sebagai tempat wisata yang paling favorit bagi para traveler diantara yang lainnya. Diluar 33 obyek wisata di Magelang yang favorit ini sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata lain tetapi kami hanya membahas yang paling favorit atau ngehits di tahun 2017 ini. Untuk itu silakan Anda simak dengan seksama tempat-tempat wisata di Magelang yang cocok untuk liburan Anda.

33 Tempat Wisata di Magelang

1. Candi borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Objek wisata ini memang tidak asing lagi ditelinga kita, bukan hanya karena menjadi tempat wisata di Magelang saja, tetapi sudah menjadi icon dari tempat wisata Indonesia yang sangat mempesona dan keberadaanya sudah diketahui oleh seluruh orang di belahan dunia ini. Karena candi ini lah yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia dan telah di lindungi oleh UNESCO. Meskipun candi Borobudur ini terkenal sebagai destinasi wisata di jogja, namun sebenarnya letak candi ini berada di kawasan Kabupaten Magelang, tepatnya lagi jika dari semarang +- 100 KM, dari surakarta -+ 86 KM dan 40 KM kalau Anda dari jogja.

Untuk bisa masuk dan mengenal lebih dalam sejarah candi borobudur Anda harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu, tiket masuknya pun cukup terbilang sangat terjangkau yakni Rp. 30.000 khusus bagi dewasa sedangkan 12.500 untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Objek wisata ini buka mulai dari pukul 06.00 – 17.00.

2. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

Magelang memang kaya akan candi peninggalan pada zaman dahulu. Selain memiliki Candi Borobudur yang begitu fenomenal, Magelang juga memiliki salah satu candi yang menarik untuk Anda kunjungi dan candi tersebut masih berdiri kokoh yakni adalah Candi Selogriyo. Lokasi dari Candi Selogriyo ini cukup unik karna dikeliling oleh bukit sehingga suasana di sekitar Candi tersebut terasa sejuk.

Candi Selogriyo sendiri merupakan candi kuno yang telah dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuna yang dibangun pada abad ke-9. Pada bulan Desember tahun 1998 Candi Selogriyo ini pernah rusak karna bukit yang ada di sekelilingnya mengalami longsor yang sangat parah dan rekonstruksinya baru selesai pada tahun 2005. Alamat lengkap candi ini berada di kecamatan Windusari, kabupaten Magelang.

3. Candi Pawon

Candi Pawon

Candi Pawon

Objek wisata di Magelang ke 3 yang kami rekomendasikan bagi Anda masih tentang candi. Terletak diantara 2 Candi yang megah yakni Candi Borobudur serta Candi Mendut, ada sebuah Candi mungil yang juga cukup menarik untuk Anda kunjungi yakni namanya adalah Candi Pawon. Candi ini sangat dipercaya masyarakat setempat sebagai bagian dari candi Borobudur. Jika biasanya kebanyakan candi itu digunakan sebagai tempat pemujaan atau semacamnya, namun pada masanya Candi Pawon ini memiliki fungsi yang berbeda dari Candi lain. Yakni Candi ini pada zaman dulunya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan senjata berupa halilintar milik Raja Indera dalam mitologi India.

4. Candi Mendut

Candi Mendut Magelang

Candi Mendut Magelang

Berjarak kurang lebih 3 km dari Candi Borobudur, ada sebuah candi yang sangat unik dan juga tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Meski candi ini tak sebesar dari Candi Borobudur, namun candi yang satu ini tetap memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, namanya yakni Candi Mendut. Candi ini merupakan sebuah candi bercorak Buddha yang berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Mungkid, Magelang. Candi Mendut dibangun pada zaman pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam Candi tersebut terdapat beberapa arca yang menghiasi isi candi. Ada juga relief-relief yang terpahat sangat indah pada dinding candi tersebut.

5. Candi Ngawen

Candi Ngawen

Candi Ngawen

Candi ini berada di dekat pasar muntilan. Dulunya candi ini terdiri dari lima candi, namun pada saat ini yang masih utuh hanya satu saja, sisanya sudah menjadi reruntuhan. Mungkin karena  letaknya yang jauh dari jalan utama sehingga jarak untuk sampai menuju lokasi tesebut terasa menjadi jauh bagi pengunjung yang hendak melihat keunikan dari candi ngawen ini. Karena memang Candi ngawen ini berdiri di dekat pemukiman warga dan juga persawahn. Lokasi lengkap candi ngawen ini masih dalam lingkup kelurahan Gunung Pring Kecamatan Muntilan yang terkenal dengan wisata religinya yakni makam para leluhur terdahulu.

6. Candi Canggal

Candi Canggal

Candi Canggal

Destinasi wisata Candi di  Magelang yang berikutnya adalah Candi Canggal atau yang biasa di sebut juga dengan Candi Wukir. Candi ini terletak di Dusun Canggal, Kelurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letak dari Candi Canggal ini sebenarnya berada di atas Bukit Wukir dari lereng gunung Merapi yakni pada perbatasan wilayah antara Jawa Tengah dengan Yogyakarta. Candi Canggal dulu di bangun pada pemerintahan raja sanjaya dari zaman kerajaan mataram kuno dan menajdi peningalan candi Hindu.

7. Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari

Candi ini merupakan candi yang terletak di Dusun Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan untuk menuju Candi Gunung Sari bagi para pengunjung hanya mengikiuti arah jalan dari Magelang Jogja yakni di km 24. Disitu Anda akan sampai di Dusun Gulon, kemudian ada papan petunjuk arah untuk menuju Candi Gunung Sari, jika Anda kesana menggunakan sepeda motor sesampainya di kompleks Anda bisa menitipkan sepeda motor lalu berjalan kaki untuk menuju lokasi wisata tersebut. Keindahan dari tempat wisata Candi Gunung Sari ini sebenarnya ada pada alam yang berada sekitarnya, yang menampilkan panorama indah dan juga asri.

8. Candi Lumbung

Candi Lumbung

Candi Lumbung

Candi yang satu ini dari namanya saja sudah unik dan mengandung sejarah yang sakral, ada kemungkinan bahwa pada zaman dahulu candi ini digunakan untuk menyimpan bekal makanan atau juga hasil bumi. Candi lumbung ini Terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan  Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang,yang juga berdekatan dengan Candi Asu Sengi dan juga Candi Pendem. Bangunannya berdiri di atas batu yang berdenah bujur sangkar dengan ukuran kurang lebih 8,43 x 8,43 meter, dan menghadap ke arah barat. Atap dari candi lumbung yang sudah tidak utuh ini justru menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya sebagai bahan penelitian. Candi lumbung ini merupakan peninggalan dari hindu yang diperkirakan berdiri pada abad 8.

9. Candi Pendem

Candi Pendem

Candi Pendem

Jika Anda mengunjungi Candi Lumbung Anda juga dapat menikmati uniknya objek wisata magelang yang lainnya seperti Candi Pendem ini, karena memang lokasi dari ke 2 candi ini jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu Anda juga dapat mengunjungi candi yang lainya yakni Candi Asu, yang letaknya kurang lebih 150 meter dari arah barat daya Candi Pendem. Candi Pendem ini merupakan peninggalan dari agama hindu, yang letaknya berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan untuk menuju Candi Pendem hanya bisa di akses dengan berjalan kaki saja karena jalan satu-satunya Anda harus melewati pematang sawah yaitu lahan sawah milik dari petani warga setempat.

10. Candi Asu Sengi

Candi Asu Sengi

Candi Asu Sengi

Setelah Anda sudah tiba di Candi Lumbung dan juga Candi Pendem, maka Anda bisa sekalian berkunjung ke lokasi candi yang satu ini. Candi Asu Sengi merupakan objek wisata di Magelang, Jawa Tengah yang berupa candi agama hindu atau tempat suci untuk melakukan suatu pemujaan kepada arwah leluhur maupun juga arwah raja-raja serta dewa. Letak dari Candi Asu ini berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, yakni tepat berada di lereng Gunung Merapi, sebelah barat di tepian Sungai Tlingsing Pabelan.

Candi Asu semenjak di temukan oleh warga setempat memang sudah tidak ada atapnya, karena memang candi tersebut mirip dengan hewan anjing maka warga setempat memberikan nama candi tersebut dengan nama Candi Asu. Asu dalam bahasa Jawa adalah Anjing.

11. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Tempat wisata selanjtnya yakni berhubungan dengan air yakni Pemandian Air Panas Umbul Ponggok. Destinasi wisata yang satu ini meruapakan obyek wisata keluarga di Magelang, lokasi tepatnya berada di Kecamatan Grabag tak jauh dari wisata air terjun sekar langit. Pemandian Candi Umbul ini ternyata merupakan peninggalan situs purbakala. Karena pemandian ini di bangun pada masa kerajaan Wangsa Saylendra.

12. Pemandian Kali Bening

Pemandian Kali Bening

Pemandian Kali Bening

Objek wisata air magelang ini terletak di Desa Payaman, Kecamatan Secang. Pemandian kali bening yang merupakan kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan arusnya sangat besar. Pada tahun 1970, pemandian kali bening ini menjadi suatu pemandian yang paling modern di Magelang. Pemandian kali bening selalu ramai di padati oleh pengunjung pada hari libur atau acara tahunan seperti padusan dan juga syawalan. Namun seiring dengan berjalanya waktu yang semakin modern, maka pemandian kali bening kini mempunyai beragam fasilitas bermain yang menarik seperti taman dan juga terdapat kebun binatang.

Meskipun hanya terdapat beberapa hewan saja, namun dengan adanya beragam fasilitas tersebut mampu merubah pemandian ini menjadi jauh lebih dan sangat menarik apalagi ditambah dengan pemandangan gunung sumbing dan juga bukit-bukit indah yang berada di kaki gunung sumbing ini.

13. Air Terjun Kedung Kayangan

Air Terjun Kedung Kayangan

Air Terjun Kedung Kayangan

Obyek wisata dengan konsep air yang selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kayang. Destinasi wisata yang satu ini terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 (Dua) gunung besar yang ada di Jawa Tengah yakni Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Atau lebih tepatnya berada di sekitar perbatasan antara kabupaten Magelang dengan Kabupaten Boyolali,yaitu  diantara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan juga Desa Klakah, Kabupaten Boyolali. Air terjun yang mengalir dari wisata gunung merbabu ini memiliki ketinggian 39 M dan kadar airnya yang sangat jernih membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, apalagi pecahan dari air terjun dengan jarak yang lumayan tinggi ini rasanya begitu sejuk menyentuh tubuh.

14. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Objek wisata air terjun di Magelang yang selanjutnya adalah Air terjun Sekar Langit. Air terjun ini terletak di kaki gunug andong, apabila Anda turun dari puncak gunung andong tersebut alangkang baiknya jika Anda mampir atau sekedar istirahat dan juga membersihkan tubuh di air terjun yang satu ini. Air terjun Sekar Langit ini konon juga mempunyai cerita legenda, yakni pada jaman dahulu konon para bidadari mandi atau hanya sekedar membersihkan tubuh di air terjun ini pada jaman Jaka Tarub. Air Terjun Sekar Langit ini mempunyai ketinggian 25 meter dari dasar air terjun, memang tidak terlalu begitu tinggi tapi indah untuk di pandang.

15. Curug Silawe

Curug Silawe Magelang

Curug Silawe Magelang

Curug Silawe merupakan salah satu obyek wisata air terjun indah yang terletak di dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Timur. Air terjun curug silawe ini lokasinya cukup jauh kalau ditempuh dari Kota Magelang. Akses jalan untuk menuju curug silawe pun lumayan sangat sulit, karena memang keberadaan dari obyek wisata ini begitu tersembunyi dan juga berada di lereng gunung. Adapun ketinggian lokasi obyek wisata air terjun Curug Silawe tersebut sekitar 500 m dari permukaan laut. Meskipun air terjun ini tersembunyi, namun para wisatawan yang datang tidak sedikit. Ini dikarenakan keasrian dari alamnya yang masih terjaga dengan baik.

16. Curug Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar

Masih membahas wisata air terjun di Magelang. Kali ini ada sebuah air terjun di Magelang yang medanya sangat berat untuk dicapai dan lokasinya tersembunyi. Nama air terjunnya yakni Grenjengan Kembar. Dinamakan Grejengan Kembar karna disana ada dua air terjun yang mengalir sangat indah dari ketinggian Curug Grenjengan Kembar yang berada di kaki gunung Merbabu. Air yang jatuh di air terjun Grejengan Kembar ini berasal dari sungai Cebong yang mata air jernihnya berasal dari Gunung Merbabu. Suasana di sekitar sana sangat damai sekali karna tidak banyak para pengunjung yang datang.

17. Pinusan Kragilan Magelang

Pinusan Kragilan Magelang

Pinusan Kragilan Magelang

Selain memiliki banyak wisata air terjun yang hits melalui sosial media, adalagi  objek wisata di Magelang yang saat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang. Objek wisata ini berlokasikan di Kaponan, Kecamatan Pakis, objek Wisata Kopeng Magelang ini sekarang mulai ramai karena memiliki view yang eksotis untuk muda-mudi yang ingin berfoto selfie. Tidak dipungut biaya untuk bisa masuk ke lokasi tersebut, hanya saja Anda akan dikenakan tarif tiket yakni sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor sedangkan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

18. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok sebagai tempat wisata favorite keluarga di Magelang. Karena ada banyak wahana yang komplit membuat tempat ini terasa sangat istimewa. Di taman wisata yang memiliki luas sekitar 27,5 ha ini Anda bisa bermain di berbagai jenis wahana yang sudah tersedia disana. Selain itu, ada hal menarik lain di Taman Kyai Langgeng ini. Di wisata ini Anda akan menemukan beberapa hal yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat wisata lain yakni seperti patung dinosaurus yang seukuran badan aslinya serta juga anjungan yang berbentuk pesawat. Yang lebih menarik lagi dari tempat wisata ini, adalah terdapat berbagai tanaman langka seperti Matoa, Dewa Daru, Nagasari, dan masih banyak lagi.

19. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Setelah Anda sudah mengunjungi Borobudur pas rasanya jika Anda mampir ke obyek wisata yang satu ini yakni Punthuk setumbu Magelang. Tempat wisata ini terletak di sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 400 mdpl cukup puas rasanya untuk sekedar melihat sunrise. Objek wisata yang berada di sekitar borobudur ini bisa buat rekomendasi buat Anda kunjungi ketika berwisata di Magelang. Punthuk Setumbu ini berlokasi di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

20. Gunung Andong

Gunung Andong

Gunung Andong

Bagi Anda pecinta gunung mungkin wisata alam di Magelang yang satu ini sangat cocok bagi Anda. Nama wisata tersebut adalah Gunung Andong yang mempunyai ketinggian 1726 mdpl, tidak terlalu tinggi, namun pemandangan di atas gunung ini sangatlah mempesona. Gunung ini memang di rekomendasikan bagi pendaki pemula yang ingin mencoba menjadi seorang pendaki gunung. Waktu yang ditempuh untuk bisa sampai ke puncak Gunung Andong ini tidak begitu lama, hanya membutuhkan waktu 2 sampai dengan 4 jam Anda sudah berada di puncak Gunung Andong.

21. Ketep Pass

Ketep Pass

Ketep Pass

Wisata Magelang Ketep Pass merupakan sebuah destinasi wisata alam yang ada di Magelang. ketika Anda berkunjung kesana, Anda akan di susguhkan dengan pemandangan khas alam pegunungan. Dari tempat wisata tesebut Anda bisa menikmati view gunung Merbabu dan juga Merapi. Ketep Pass ini mempunyai ketingggian sekitar 1200 mdpl, jadi siap-siap untuk membawa jaket yang agak tebal jika berkunjung kesini.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan disini, yakni mulai dari bersantai di gardu pandang yang tersedia hingga melihat pemandangan dari teropong. Selain itu di sekitar kawasan Ketep Pass juga terdapat kebun Strawbery yang bisa Anda beli dengan cara memetiknya secara langsung. Untuk harga tiket masuk wisata ini pun sangat murah,, cukup dengan mengeluarkan budget sebesar 5000 rupiah saja. Wisata Magelang Ketep Pass ini berlokasi di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

22. Pecinan Magelang

Pencinaan Magelang

Pencinaan Magelang

Merupakan sebuah jalan pemuda magelang atau biasa di sebut juga dengan malioboronya magelang. Pecinaan Magelang ini merupakan sebuah wisata kota Magelang yang dijadikan sebagai tempat pusat perbelanjaan yang cukup ramai dan terlengkap di Magelang, mulai dari toko pakaian, toko perhiasan, restauran, oleh-oleh, dll. Dan pecinan ini juga adalah jalan utama dari kota Magelang, karena terdapat tepat di sebelah alun-alun kota Magelang ini.

23. Gardu Pandang Babadan

Gardu Pandang

Gardu Pandang

Adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang bernuansa pegunungan yang ada di Magelang, karena kebanyakan pengunjung yang datang kesini tidak lain hanya ingin melihat panorama indah pegunungan. Dan lokasinya juga sangat strategis untuk memantau aktifitas gunung merapi, karena jaraknya yang berdekatan yakni hanya sekitar 4km dari babadan. Aktifitas yang dapat Anda lakukan di gardu pandang babadan selain melihat panorama yang indah, disana Anda juga bisa melihat film theater volcano yang menggambarkan letusan-letusan Gunung Merapi dulu, awan panas, hujan batu, dan percikan batu pijar.

24. Telaga Bleder

Telaga Bleder

Telaga Bleder

Telaga bleder merupakan sebuah objek wisata Magelang yang terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Selain memiliki udara yang sangat sejuk dan jauh dari polusi udara, di Telaga Bleder ini Anda juga dapat mencoba fasilitas yang telah di sediakan disana yakni seperti speed boat, becak air sampan dan juga sepeda air. Telaga bleder ini merupakan danau yang masih alami dari pencemaran namun berukuran kecil.

Danau Bleder ini terbentuk dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar lokasi tersebut. Sehingga pemerintah setempat bergerak untuk mengembangkan lokasi ini sebagai tempat wisata yang patut Anda kunjungi. Dan sekarang wisata telaga bleder ini lebih dikonsepkan ke wisata keluarga.

25. Sungai Ello

Sungai Ello

Sungai Ello

Wisata alam yang selanjutnya di Magelang yaitu Sungai Ello. Objek wisata ini kusus bagi Anda yang suka denga alam dan juga tantangan. Sungai ello ini mempunyai kesulitan arum jeram Grade II dan III. Dengan tingkat kesulitan yang lumayan sulit, Anda di sana akan di uji adrenalin selama perjalan 9 KM menyusuri sungai ello.

26. Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang

Tempat wisata di kota magelang yang selalu ramai dipadati oleh pengunjung pada setiap harinya adalah alun-alun kota magelang. Disana para wisatwan dapat bersantai ria bersama keluarga maupun kerabat sesambil menikmati jajanan khas alun-alun Magelang. Bagi Anda yang suka berselfie atau berfoto, maka alun-laun Magelang ini juga bisa menjadi pilihan, karena banyak hasil jepretan keren yang berlatar alun-alun magelang.

27. Sungai Progo Atas

Sungai Progo Atas

Sungai Progo Atas

Bagi Anda yang suka memicu adrenalin dan menyukai sebuah tantangan, rafting di Sungai Progo Atas juga merupakan opsi yang sangat pas. Karena sungai Progo Atas ini merupakan sungai yang cukup terkenal untuk melakukan aktifitas extreme yakni arung jeram alias rafting Jeram-jeram yang ada di sungai ini masuk ke dalam kelas III dan kelas III+. Sambil memicu adrenalin bersama dengan atau kerabat Anda, disana Anda juga bisa menikmati keindahan alam dari atas perahu karet yang tentunya akan terasa begitu berbeda dari wisata lain namun seru dan juga mengesankan.

28. Rumah Kamera

Rumah Kamera

Rumah Kamera

Objek wisata ini masih di sekitar kawasan Candi Borobudur. Ada sebuah rumah sangat unik yang dibuat oleh seorang seniman lokal yang bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Rumah ini tidak seperti rumah pada umumnya, bangunan rumah yang ada disini berbentuk sebuah kamera DSLR. Bangunan yang terdiri atas 4 lantai tersebut merupakan sebuah galeri lukisan yang banyak memajang hasil karya sang seniman.

Rumah Kamera ini terletak di Desa Majaksingim, Kecamatan Borobudur, Magelang. Bangunan yang memiliki ukuran 17 x 18 m ini baru saja selesai pada tahun 2013 yang lalu dan konon membutuhkan biaya hingga 1 milyar. Rumah Kamera sendiri mendapat penghargaan dari rekor MURI sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia.

29. Gunung Tidar

Gunung Tidar

Gunung Tidar

Gunung Tidar merupakan sebuah gunung yang berlokasi di tengah-tengah kota. Hal ini menjadikan kota Magelang semakin unik dan cukup membuat penasaran banyak orang. Gunung ini juga disebut sebagai Pakunya Tanah Jawa. Percaya atau tidak, nama “Tidar” dipercaya merupakan singkatan dari Mati dan Modar. “Modar” sendiri merupakan bahasa dari jawa kasar yang memiliki arti mati atau meninggal.

Nama ini diambil karna dulunya gunung ini terkenal sangat angker sehingga siapapun yang datang ke gunung ini dipastikan akan meningal dunia. Namun sekarang ini Gunung Tidar menjadi salah satu tempat wisata religi yang tak pernah sepi oleh pengunjung.  Di gunung ini terdapat tiga makam sesepuh masyarakat setempat yang selalu ramai di padati pengunjung yaitu maka Syeh Subakir, Mbah Sepanjang, dan juga Mbah Ismoyo.

30. Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Trekking Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang tinggi yang menjadi tujuan favorite para pendaki di Jogja dan juga Jawa Tengah. Gunung Merbabu ini berada di antara kabupaten Magelang, Boyolali, dan juga kota Salatiga. Salah satu cara unuk bisa melakukan pendakian Gunung ini adalah melalui jalur Wekas yang ada di Magelang maka Anda akan mendapatkan Pemandangan yang benar-benar spektakuler ketika sudah berada di puncaknya. Dengan ketinggian mencapa 3.145 mdpl, gunung Merbabu ini mampu menghadirkan pemandangan alam yang sungguh indah dan juga mampu membuat mulut tak bisa lagi berkata apa-apa untuk mendeskripsikan keindahan suwasana disana.

31. Gereja Ayam di Magelang

Gereja Ayam

Gereja Ayam

Objek wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para wisatawan terutama masyarakat Magelang dan juga sekitarnya. Tempat yang pernah digunakan sebagai shooting film Ada Apa Dengan Cinta ini sekarang menjadi tempat yang hits dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Meskipun kondisi dari Gereja Ayam ini terbengkalai namun keunikan dari bentuk fisiknya ini tidak mengurangi minat para wisatawan yang datang untuk mengunjunginya.

Dan adapun fakta yang unik dari tempat wisata ini adalah bentuk fisikn dari gereja ini justru tidak berupa seperti ayam namun lebih ke burung merpati yang di kepalanya terdapat mahkota. Selain sebagai tujuan utama para wisatawan, Gereja Ayam yang berlokasikan di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur ini juga seringkali dijadikan sebagai spot foto selfie dan pre-wedding.

32. Taman Bermain Badaan

Taman Bermain Badaan

Taman Bermain Badaan

 Taman Bermain Badaan merupakan sebuah tempat wisata di daerah Magelang yang berupa taman yang sangat cocok bagi anak Anda. Meski lokasi taman ini tidak terlalu begitu luas namun Badaan memiliki fasilitas yang lumayan lengkap untuk bermain anak-anak, karena ada beragam jenis patung yang ukuranya mirip dengan hewan aslinya, mobil-mobilan listrik, ayunan, dan lain-lain. Adapun lokasi dari Taman Badaan tersebut terletak di sudut antara jalan Ade Irma Suryani dan jalan Pahlawan dan juga berdekatan bahkan berhadapan dengan musium sudirman.

 33.  Panca Arga

Panca Arga

Panca Arga

Objek wisata ini merupakan perumahan yang di singgahi oleh para pemimpin dan juga anggota TNI AD yang memiliki kantor di akmil magelang. Panca Arga yang letaknya tepat dikelilingi oleh lima gunung ini tidak hanya sebagai tempat untuk kegiatan para anggota TNI namun juga untuk rekreasi, karena di tempat tersebut Anda bersama keluarga bisa melihat barang-barang peninggalan zaman dahulu seperti meriam atau juga alat perang ketika melawan belanda.

Tempat Wisata Lainya

Dari beberapa Tempat wisata di Magelang Jawa Tengah yang kami infokan di atas tadi masih belum semuanya, karena masih ada banyak lagi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi, tapi yang kami sebutkan di atas tadi merupakan tempat wisata yang paling ngehits dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jika Anda berkunjung ke Magelang pastikan juga untuk menikmati Wisata Kuliner Magelang Jawa Tengah yang memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera. Setelah mengetahui 33 Tempat Wisata Magelang di atas, pastikan liburan Anda kali ini untuk berkunjung ke Magelang ya. Terimahkasih telah berkunjung ke ngowos.com.

 

33 Tempat Wisata di Magelang Yang Bagus Dan Hits | Rafi | 4.5
error: Content is protected !!