ngowos

19 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Lamongan Paling Hits 2018

Tempat Wisata di Lamongan – Jawa Timur merupakan sebuah pulau yang memiliki kekayaan alam dan juga objek wisata yang sudah tak bisa diragukan lagi. Namun, masih banyak para wisatawan yang kerap bingung saat mereka akan berkunjung ke Jawa timur termasuk ke kota Lamongan. Bukan karena tak ada tempat wisata, namun agaknya beberapa lokasi wisata yang ada di kota soto ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Lamongan sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut Jawa di sebelah Utara, Kabupaten Gresik di sebelah Timur, Kabupaten Mojokerto di sebelah Selatan dan juga Kabupaten Bojonegoro di sebelah Barat.

Tempat Wisata di Kota Lamongan

Wisata Lamongan

Wisata Lamongan

Lamongan bukan hanya terkenal dari segi Tempat Wisata Kuliner saja, namun di kabupaten Lamongan ini juga memiliki banyak potensi wisata baik itu alam maupun juga wisata buatan manusia yang juga sangat diminati oleh para wisatawan. Selain Wisata Bahari Lamongan yang memang keberadaannya inu menyita banyak perhatian dari para traveler. Kabupaten Lamongan juga memiliki banyak wisata lainya yang patut Anda kunjungi. Apa sajakah itu ? Untuk itu silakan Anda simak dengan teliti Tempat Wisata di Lamongan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, diantaranya adalah.

1. Wisata Bahari Lamongan (WBL).

WBL

WBL

Objek wisata yang pertama adalah Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa di sebut dengan nama WBL. Wisata Bahari Lamongan merupakan tempat wisata yang paling terkenal di kota Lamongan. Berkat keindahan alam yang dimilikinya, WBL lantas menjadi ikon utama dari kota Lamongan. Tak hanya menyajikan keindahan dari pemandangan alamnya saja, namun di Wisata Bahari Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam wahana yang menantang dan seru. Dahulu, objek wisata yang berada di jalur Pantura antara Kabupaten Tuban – Surabaya ini lebih populer dengan nama Pantai Tanjung Kodok. Akan tetapi, karena pengelolaan yang sangat baik antara dua bela pihak pemegang saham, lantas membuat objek wisata ini melonjat sebagai wisata yang paling banyak dikunjungi para wisatawan di Lamongan. Tak hanya berhenti disina saja, seiring dengan berjalannya waktu, WBL kian menambah banyak wahana terbaru yang tak kalah asyik dan juga seru.

2. Goa Maharani Zoo (Mazola).

Goa Maharani Zoo

Goa Maharani Zoo

Objek wisata yang selanjutnya masih berada di sekitar Wisata Bahari Lamongan, yakni Goa Maharani Zoo. Tempat wisata yang satu ini juga tak kalah seru dari WBL. Anda yang sedang berada di WBL dan ingin menuju ke Goa Maharani Zoo ini tinggal melewati jembatan penghubung saja. Luas dari objek wisata ini sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman 25 meter.Di dalam goa, Anda bisa lihat ada berbagai macam jenis bebatuan yang sangat indah dan menawan. Tentu saja, keindahan batu yang ada dalam goa tersebut akan membuat Anda berdecak kagum. Jika ingin datang ke area goa tersebut, Anda harus datang pada pukul 07.30 12.00 atau 13.00 – 17.00. Jadi, apabila Anda datang melebihi jam yang sudah ditentukan oleh pihak tersebut, maka lokasi wisata goa maharani ini biasanya sudah ditutup.

3. Pantai Brondong Lamongan.

Pantai Brondong Lamongan

Pantai Brondong Lamongan

Selain Pantai Tanjung Kodok yang berada di kawasan WBL, Kabupaten Lamongan juga memiliki obyek wisata pantai yang lainnya yakni Pantai Brondong. Objek wisata ini berbeda dengan Pantai Kodok, di Pantai Brondong para wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona alam pantai yang sangat indah karena dihiasi dengan aneka kapal tradisional, di kawasan tersebut Anda juga berkesempatan untuk membeli ikan hasil tangkapan nelayan dengan harga yang lebih murah, karena di Pantai ini terdapat juga Tempat Pelelangan Ikan. Obyek wisata ini terletak di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Lamongan, pantai ini berjarak sekitar kurang lebih 47 km.

4. Pantai Kutang.

Pantai Kutang

Pantai Kutang

Semenjak mulai populer di media sosial, Pantai Kutang Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62263 ini lantas menarik hati para wisatawan. Tak hanya karena keindahan alam yang dimiliki pantai ini, namun predikat ‘perawan’ lah yang membuat para wisatawan menjadi sangat begitu penasaran dan juga berlomba untuk dapat mengunjunginya terlebih dahulu. Kutang ini memang menjadi nama yang cocok untuk pantai yang satu ini, akibat banyaknya ditemukan kutang (pakaian dalam) yang berserakan di sana. Pantai kutang sendiri terletak di ujung Dusun Kenthong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. Namun sayang, masih banyak para wisatawan yang merasa kesusahan saat akan berkunjung ke pantai yang memiliki nama aneh tersebut.

5. Pantai Klayar Lamongan.

Pantai Klayar Lamongan

Pantai Klayar Lamongan

Lamongan ternyata juga memilik pantai indah yang tersembunyi dan namanya Pantai Klayar namun pantai ini bukan pantai klayar yang ada di pacitan melainkan letaknya di Dusun Klayar, Kec. Paciran, Kab Lamongan. Pantai yang satu ini masih asri karena masih jarang ada orang yang mengunjungi. Pantainya cukup luas tempatnya, di sana anginnya juga sangat sejuk, dan ombaknya pun tenang. Di sana terdapat banyak batu batuan karang yang mengelilingi pohon bakau yang membuat pemandangan di pantai tersebut semakin menarik. Untuk bisa masuk ke Pantai Klayar Lamongan ini tidak dipungut biaya sepeserpun, cuman biaya parkir saja, Cuma disini belum ada fasilitas-fasilitas umum yang memadai.

6. Sendang Brumbun.

Sendang Brumbun

Sendang Brumbun

Sendang Brumbung merupakan sebuah kolam pemandian air panas yang memiliki sejarah panjang dan juga disebut-sebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Objek wisata ini terletak di Desa Kranji, Kabupaten Lamongan. Masyarakat setempat percaya jika air panas yang berasal dari sumber mata air tersebut telah ada sejak zaman Walisongo tepatnya yakni semasa kehipuan Sunan Drajat. Ukuran kolam air panas ini tidak terlalu begitu besar yakni hanya 5×10 meter yang telah terbagi menjadi dua kolam. Dahulu kolam ini hanya dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar untuk keperluan pribadi saja tapi lama-kelamaan banyak para traveler yang datang juga dan ingin membuktikan khasiat dari air sendang brumbung atau hanya sekedar ingin piknik.

7. Makam Sunan Drajat.

Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat merupakan salah satu dari Walisongo yang sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa khususnya di Kabupaten Lamongan dan juga sekitarnya. Para traveler bisa mampir dan berziarah ke makam Sunan Drajat yang Anda tempuh selama setengah jam saja dari pusat kota Lamongan. Situs makam Sunan Drajat ini telah mengalami pemugaran sejak tahun 1992 hingga 1994 sehingga kini kawasan Sunan Drajat ini lebih nyaman untuk didatangi para pengunjung yang ingin berziarah. Di sekitar makam Sunan Drajat ini juga terdapat makam-makam lain yang merupakan pengikut atau juga santri dari beliau.

Baca Juga :

8. Makam Sunan Sendang Duwur.

Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur

Bukan hanya Makam Sunan Drajat saja yang selalu ramai dipadati oleh peziarah, namun ada makam ulama lainnya yang dikenal sebagai Sunan Sendang Duwur pun selalu ramai dipadati oleh peziarah di Lamongan. Sunan Sendang Duwur dikenal juga pernah memindahkan masjid yang kini dikenal dengan Masjid Sendang Duwur dalam waktu semalam saja. Arsitektur yang sangat unik dan menarik yang dimiliki oleh masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur Islam dan juga Hindu. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana uniknya dari masjid yang satu ini, Anda cukup datang ke Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

9. Makam Dewi Sekardadu.

Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Wisata religi di kota Lamongan tidak hanya ke makam sunan drajat maupun makam sunan sendang duwur. Karena di Lamongan ada lagi satu wisata religi yang dulunya  sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam, yakni Makam Dewi Sekardadu. Beliau ini merupakan ibu dari Sunan Giri yakni sunan yang menyebarkan agama islam di Gresik. Objek wisata religi ini berada di sekitar kawasan Waduk Gondang. Makam ini sangatlah asri karena dikelilingi oleh banyak tumbuhan hijau. Jika Anda ke tempat wisata di Lamongan yang satu ini, maka hawa sejuk akan Anda rasakan.

10. Museum Sunan Drajat.

Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat ini berada di sekitar kawasan makam Sunan Drajat. Dalam museum ini, para pengunjung bisa mengetahui secara langsung sejarah perkembangan Islam khususnya di Kabupaten Lamongan. Di sana juga terdapat koleksi peninggalan zaman dahulu yakni seperti kitab dan barang lain yang dimiliki oleh Sunan Drajat. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai Sunan Drajat dan juga ajarannya, maka Anda bisa langsung datang ke area makam Sunan Drajat ini dan mengunjungi museumnya. Belajar mengenai tokoh Islam ini tentu akan membuat pengetahuan Anda semakin luas.

11. Monumen Van Der Wijck.

Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck

Monumen Van Der Wicjk Merupakan tempat wisata edukasi yang ada di lamongan. Monumen Van Der Wicjk ini dibangun sebagai pertanda bahwa adanya tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck yakni pada tahun 1336 di perairan pesisir utara Jawa. Dalam ceritanya, kapal tersebut bisa dikatakan sebagai kapalnya Titanic dari Indonesia yang dibuat oleh sebuah perusahaan Belanda. Kisah mengenai tenggelamnya kapal Van Der Wijck ini kemudian ditulis oleh Buya dengan sangat ciamik. Monumen yang cukup fenomenal ini pun sebaiknya masuk dalam daftar tempat wisata Lamongan yang jangan sampai Anda lewatkan begitu saja ketika Anda di Kota Lamongan.

12. Gunung Emas Mantup.

Gunung Emas Mantup

Gunung Emas Mantup

Salah satu destinasi wisata yang satu ini mungkin belum banyak orang tahu yakni adalah wisata Gunung Emas 27 Mantup. Objek wisata ini berada di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan. Jika di tempuh dari pusat kota Lamongan setidaknya akan menempuh jarak sekitar 20 km ke arah selatan. Wisata ini terbilang masih baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya, tak hayal jika untuk menuju ke lokasi wisata ini membutuhkan kesabaran karena minimnya petunjuk arah untuk dapat sampai di Istana Gunung Mas. Tapi jangan khawatir karena masih ada GPS. Sesampainya Anda di area Wisata Istana Gunung Mas ini Anda akan langsung disuguhkan dengan pintu masuk yang sangat khas dan menarik yakni seakan Anda masuk ke area kampung koboi.

13. Wisata Edukasi Gondang (Wego).

Wego

Wego

Objek wisata yang satu ini dibangun pada lahan seluas 23 hektar yang masih berada di sekitar Waduk Gondang yakni di Desa Ketegagung, sebelah selatan Kabupaten Lamongan. Didalam tempat wisata ini terdapat berbagai macam wahana seperti outbond, bumi perkemahan, dan juga kolam renang dengan gaya Eropa. Awalya objek wisata yang ada di Lamongan ini hendak dibangun dengan konsep edukatif untuk tujuan ilmu pengetahuan dan juga sains saja, mengingat didalamnya tumbuh berbagai macam tanaman hutan hujan tropis yang erhitung ada lebih dari 300 jenis pohon tumbuh subur dikawasan ini. maka tempat wisata dirubah menjadi WEGO yang merupakan singkatan dari Wisata Edukasi Gondang Outbond Kabupaten lamongan, Jawa Timur.

14. Waduk Gondang.

Waduk Gondang

Waduk Gondang

Waduk Gondang merupakan tempat wisata yang ada di daerah Lamongan yang lainnya yang bisa Anda pilih. Waduk ini memang sudah menjadi wisata andalan yang ada di Kota Lamongan. Banyak para wisatawan yang sering memanfaatkan waktu luang mereka dengan berekreasi di daerah Waduk ini. Untuk lokasinya sendiri, para pengunjung bisa sampai ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau juga kendaraan umum. Lokasinya ada di 19 km dari pusat kota Lamongan sehingga tidak begitu jauh.

15. Alun-Alun Kota Lamongan.

Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat hiburan bagi warga Lamongan. Alun-Alun tersebut sekarang sudah bersolek dan semakin makin cantik, sejak direnovasi pada tahun 2011. Di pusat kota tersebut Anda dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan yang sudah disediakan oleh pihak pemerintah Lamongan. Disini setiap sore ada banyak warga yang berkumpul sekadar melepas lelah dan juga menikmati keadaan di sekeliling.

16. Gunung Pegat.

Gunung Pegat

Gunung Pegat

Objek wisata ini merupakan perbukitan yang berada di pusat kota Babat. Gunung Pegat merupakan bukit-bukit kapur yang menghubungkan ntara kota Lamongan dengan Kota Jombang. Bukit-bukit kapur yang berada di gunung pegat ini akan membuat Anda takjub dengan keindahan alam yang unik nan tak banyak diketahui. Namun, hati-hati saat berniat untuk membawa pasangan ke tempat wisata tersebut. Sesuai dengan namanya, Pegat ini berarti ‘berpisah’. Gunung ini dipercaya dapat mengakibatkan putusnya hubungan antara dua sejoli insan yang merupakan sepasang kekasih. Dan hal itu, masih menjadi mitos yang dipercaya masyarakat sekitar hingga sampai kini.

17. Wisata Nasi Boranan.

Nasi Boranan

Nasi Boranan

Berbicara soal wisata yang ada di Lamongan, maka belum lengkap jika kita tidak membahas seputar Tempat Wisata Kuliner di Lamongan. Di Lamongan sendiri ada banyak makanan khas yang lezat, namun dapat Anda temui di kota-kota lain. Berbeda dengan dengan kuliner yang satu ini yakni Nasi Boran. Nasi Boran ini merupakan hidangan khas Lamongan yang terdiri dari nasi, lauk, bumbu, dan rempeyek. Akan tetapi, bumbu nasi inilah yang menjadi resep rahasia turun temurun yang dimiliki hanya oleh sebagian orang saja. Jika Anda merasa tertarik maka kunjungi penjual nasi boran ini yang berjualan di sebelah selatan Alun-Alun Lamongan dan di dekat Plaza Lamongan.

18. Stadion Surajaya Lamongan.

Stadion Surajaya Lamongan

Stadion Surajaya Lamongan

Bagi para pecinta sepak bola tanah air tentu sudah tidak asing lagi dengan Stadion Surajaya. Di stadion inilah para pemain Persela berlatih dan juga bermain untuk menjadi yang lebih baik. Saat ini, stadion suraja pun menjadi salah satu tempat wisata di Lamongan yang banyak diminati oleh wisatawan, khususnya bagi mereka yang gemar sepak bola atau mungkin para supporter setia Persela. Apabila Anda datang ke Kota Lamongan, ada baiknya jika Anda singgah sebentar ke tempat yang satu ini untuk melihat bagaimana kemegahan ari stadion kelas dunia.

19. Bendungan Babat.

Bendungan Babat

Bendungan Babat

Objek wisata yang terakhir yakni adalah Bendungan Babat. Bendungan ini bisa dikatakan sebagai bendungan raksasa yang ada di Jawa, dan telah di bangun di atas aliran sungai Bengawan Solo. Gunanya sebagai salah satu pengendali banjir dan juga pemasok air untuk daerah yang ada disekitar bengana tersebut. Namun, bendungan ini juga menjadi dapat dijadikan objek wisata oleh masyarakat setempat. Tempat ini sering dijadikan untuk lokasi joging, udaranya pun sangat sejuk saat pagi serta sore hari. Objek wisata ini berada di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan.

Nah, Itulah Daftar Tempat Wisata di Lamongan yang bisa anda kunjungi ketika Anda datang ke kota Lamongan. Ada berbagai macam objek wisata di Lamongan yang dapat Anda pilih. Namun, semua tempat wisata yang kami disebutkan di atas tadi sangatlah direkomendasikan sebab Anda bisa melihat bagaimana sejarah dari kota Lamongan hingga sampai saat ini. Maka dari itu, saat Anda berkunjung ke Tempat Wisata di Lamongan, Anda bisa dapatkan berbagai macam pengalaman yang sangat seru dan menarik. Sekian dan Terimahkasih. by ngowos.com

19 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Lamongan Paling Hits 2018 | Rafi | 4.5
error: Content is protected !!