ngowos

Inilah 20 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Paling Instagrammable

Tempat Wisata di Banjarmasin – Banjarmasin merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia dan juga termasuk sebagai kota yang terbesar serta penduduk terpadat di Pulau Kalimantan. Kota Banjarmasin ini dikenal dengan pasar tradisionalnya yang berada di atas air. Maka wajar jika kota Banjarmasin ini mendapat julukan sebagai kota Seribu Sungai, karena kota Banjarmasin ini memang dilalui oleh banyak sungai besar dan kecil seperti Sungai Barito dan Sungai Martapura, sungai Sigaling, sungai Keramat dan masih banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Karena memiliki banyak sungai apakah hal tersebut menjadikan sungai adalah salah satu bagian yang terpenting bagi kehidupan masyarakat Banjarmasin. Apakah kota  Banjarmasin ini hanya tentang sungai dan juga pasar terapungnya? Tentu saja tidak.

Tempat Wisata Di Banjarmasin

Tempat Wisata di Banjarmasin

Tempat Wisata di Banjarmasin

Kota Banjarmasin ini juga memiliki banyak tempat wisata yang lainya menarik untuk dikunjungi. Nah, pada artikel kali ini akan kami paparkan 20 Tempat Wisata di Banjarmasin yang terkenal dan bisa Anda jadikan sebagai pilihan tempat wisata ketika berkunjung ke ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. Berikut ulasannya:

1. Pulau Birah-Birahan

Menikmati Keindahan Pulau Birah-Birahan

Menikmati Keindahan Pulau Birah-Birahan

Objek wisata yang pertama merupakan tempat Wisata Alam Banjramasin yang terkenal dengan keindahan panorama pantai yakni Pulau Birah-Birahan. Di tempat ini Anda akan disuguhkan 3 keindahan alam sekaligus yakni pantai tebing batu, pantai penuh ganggang, dan juga terumbu karang. Untuk dapat sampai ke Pulau Birah-Birahan ini pertama Anda harus mengunjungi Dermaga Kenyamukan. Selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu para nelayan. Tarif sewa tersebut antara Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 800.000,- per perahu dengan muatan sekitar 25 orang. Bagi Anda yang datang hanya beberapa orang saja yakni sekitar 3 atau sampai 4 orang, Anda tak perlu untuk menyewa perahu. Anda dapat berangkat bersama para wisatawan lainnya, tentunya dengan tarif sewa yang lebih murah. Saat Anda menyeberangi lautan menuju pulau Birah-Birahan ini, jika beruntung Anda akan menjumpai lumba-lumba yang lagi berenang di alam bebas.

2. Pulau Siram Riam

Pulau Siram Riam Banjarmasin

Pulau Siram Riam Banjarmasin

Wisata yang selanjutnya masih tentang pulau yakni Pulau Siram Riam. Pulau unik yang ada di Banjarmasin ini menyuguhkan keindahan panorama dari sebuah danau yang dijadikan sebagai Tempat Pembangkit Tenaga Air (PLTA) untuk mencukupi kebutuhan listrik se-Kecamatan Aranio. Hal tersebutlah yang menjadi wisata di banjarmasin yang satu ini sangat menarik dan menjadi tujuan destinasi para wisatawan. Jika Anda ingin menuju Pulau Siram Riam ini dari pusat kota Banjarmasin, Anda bisa menempuh jalan menuju Banjarbaru sekitar 45 menit. Kemudian ikuti saja papan petunjuk arah untuk menuju ke Pulau Riam Kanan, dan sampailah Anda di pulau tersebut. Pemandangan yang disuguhkan di pulau Siram Riam yaitu adanya banyak kelotok atau juga perahu yang dapat Anda sewa untuk mengelilingi danau yang ada di sekitar Pulau ini. Berbagai tempat juga dapat Anda kunjungi, seperti Pulau Batu, Pulau Pinus, hingga Pulau Sirang.

3. Pulau Kembang

Menelusuri Pulau Kembang Banjarmasin

Menelusuri Pulau Kembang Banjarmasin

Lokasi dari Pulau Kembang ini berada di tengah-tengah Sungai Barito. Pulau ini merupakan habitat dari monyet dan juga beraneka ragam jenis burung. Karena adanya hewan-hewan tersebutlah yang membuat minat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Anda tak perlu harus khawatir jika ingin bermain dengan monyet di tempat tersebut, karena monyet yang berada di Pulau Kembang ini sudah jinak. Namun, meskipun demikian para wisatawan juga perlu mewaspadai gerak gerik monyet yang lincah, akan lebih baik juga lebih berhati-hati walaupun monyet tersebut cukup jinak.

4. Pantai Joras

Pesona Pantai Joras

Pesona Pantai Joras

Wisata yang selanjutnya kami akan merekomendasikan tempat wisata di Banjarmasin dan Bajarbaru yakni pantai Joras. Pantai Joras ini terletak di Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berada di pantai ini yakni bersantai sambil juga menikmati hamparan pasir pantai yang cukup luas atau Anda juga bisa melihat keindahan kawasan pantai Joras ini dari ketinggian menara mercusuar. Akan tetapi Anda harus berhati-hati karena di menara mercusuar tersebut tidak dilengkapi pelindung atau pengaman tubuh yang memadai. Objek wisata ini juga merupakan spot Tempat Hunting di Banjarmasin yang terbaik. Untuk biaya masuk ke Pantai Joras ini, Anda akan dikenakan tarif senilai Rp. 8.000,- per orang. Dan tarif tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- per mobil dan Rp. 3.000,- untuk tiap motor.

5. Pantai Jodoh

Menguak Misteri Pantai Jodoh Banjarmasin

Menguak Misteri Pantai Jodoh Banjarmasin

Pantai Jodoh ini masih berada dalam satu kawasan dengan Taman Siring, dan menjadi salah satu spot yang menarik di Taman Siring. Lokasi ini memang sering dipakai untuk berkumpulnya para muda mudi dan juga keluarga yang ingin bersantai sambil berwisata, untuk itu tempat yang satu ini juga disebut sebagai Tempat Nongkrong di Banjarmasin yang lagi Hits. Menikmati waktu sore hari dengan anginnya yang sejuk, membuat Pantai Jodoh ini tak boleh terlewatkan dari daftar wisata yang harus Anda kunjungi ketika berada di kota Banjarmasin. Pantai ini memiliki nama yang sangat unik, berkat nama yang unik inilah membuat para pengunjung merasa penasaran dengan pantai ini dan banyak yang berdatangan. Alamat lengkap pantai ini berada di Jalan Jenderal Sudirman (depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin).

6. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Beribadah Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Beribadah Di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Kita beralih ke tempat wisata religi di Banjarmasin yakni adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Masjid ini merupakan bangunan masjid paling besar yang ada di Banjarmasin. Masjid Raya Sabilal Muhtadin dapat menampung sampai dengan 15.000 jamaah. Namun dibagi menjadi dua yakni di dalam masjid sebanyak 7.500 orang sementara di halaman masjid ini sebanyak 7.500 orang. Selain berfungsi sebagai tempat untuk beribadah, bangunan yang ada di pusat kota Banjarmasin ini pun difungsikan sebagai kantor MUI Kalimantan Selatan. Nama bangunan masjid ini diambil dari nama seorang ulama besar yang pernah ada di kota Banjarmasin yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjri.

7. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

Objek wisata religi di banjarmasin yang selajutnya yakni adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini merupakan masjid yang dibuat pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, sehingga masjid ini dinamakan dengan Masjid Sultan Suriansyah. Beliau adalah Raja Banjar yang pertama, yang menganut agama islam dan juga mengajarkan agama islam di daerah Banjarmasin. Masjid ini berlokasi di pinggir Sungai Kuin. Masjid Sultan Suriansyah ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, terutama bagi masyarakat Banjarmasin.

8. Pasar Terapung Kuin

Belanja Murah Di Pasar Terapung Kuin

Belanja Murah Di Pasar Terapung Kuin

Pasar Terapung Kuin merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik minat para wisatawan untuk datang ke Kota Banjarmasin. Pasar terapung Kuin ini terletak di Muara Sungai Kuin (anak dari Sungai Barito). Objek wisata yang satu ini dapat Anda kunjungi dengan memakai perahu kelotok yang dapat disewa dari warga setempat. Pengunjung juga bisat berbelanja di pasar terapung kuin secara langsung dengan harga yang terjangkau. Selain itu, bagi para wisatawan luar daerah Banjarmasin yang tak pernah merasakan berbelanja diatas perahu seperti ini maka akan menjadi pengalaman yang tak pernah terlupakan. Selain berbelanja para pengunjung juga bisa menikmati keindahan sungai di sekitar pasar terapung kuin ini.

9. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung yang selanjutnya adalah Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar ini mulai buka pada jam 05.00-09.00 WITA. Di sini Anda dapat menggunakan sistem barter. Beraneka macam barang pun juga tersedia di sini, yakni seperti jajanan, sayur, buah, serta juga bahan keperluan pokok. Pasar ini memang terbilang cukup unik karena dijaman sekarang ini masih adakah pasar yang mengapung layaknya pada jaman dahulu kala yang masih terbatas distribusi barang-barang kebutuhan pokok ke beberapa tempat. Pasar terapung lok baintan ini menjadi pusat perhatian masyarakat sejak dulu, selain belanja sayuran dan buah-buahan yang fresh pembeli juga bisa berbelanja ikan secara langsung.

10. Pasar Intan Martapura

Berbelanja Intan Di Pasar intan Martapura

Berbelanja Intan Di Pasar intan Martapura

Pasar intan terletak di Jalan Ahmad Yani, Martapura, atau sekitar kurang lebih 45 km dari pusat kota Banjarmasin. Pasar ini menjadi destinasi wisata yang cocok bagi penggemar atau pengoleksi batu permata. Karena martapura ini dikenal sebagai kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia. Batu permata yang ada di Martapura ini memiliki kualitas yang sangat baik. Di Pasar Intan Martapura ini terdapat sekitar 87 toko batu permata yang berjejer. Selain Anda ingin membelinya dalam bentuk batuan, Anda juga bisa membeli batu permata tersebut yang sudah diolah menjadi berbagai bentuk seperti gelang, kalung, cincin dan juga bros. Para pengunjung pasar ini bukan hanya para wisatawan domestik saja, banyak wisatawan asing yang datang kesini ykani dari Malaysia, Brunei dan Singapura.

11. Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Menikmati Kuliner Banjarmasin Di Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Menikmati Kuliner Banjarmasin Di Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Jika Anda ingin menikmati kuliner khas kota Banjarmasin ini yang berada di satu tempat, maka Anda bisa datang ke Tempat Wisata Kuliner di Banjarmasin yang berlokasi di Jalan Pos yang menghubungkan antara 2 jalan yakni Jalan Sudirman dan juga Jalan Hasanudin. Di jalan yang sepanjang 300 meter ini, terdapat sekitar 52 kios yang menjual beraneka ragam makanan kuliner khas Banjarmasin seperti nasi kuning, seperti laksa, soto Banjar dan lupis. Selain itu, juga makanan nasional dan juga kuliner dari daerah lain yakni seperti masakan Padang dan Palembang.

12. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

Satu lagi destinasi wisata di Banjarmasin yang mengandalkan sungai, tempat wisata tersebut namanya adalah Taman Siring Sungai Martapura. Taman ini berada di Jalan Jenderal Sudirman dan juga Jalan Kapten Tendean. Sesuai dengan namanya taman ini berada di tepian Sungai Martapura dan ramai sekali dikunjungi para wisatawam pada saat sore hari. Dari tempat ini, Anda dapat melihat aktifitas jukung atau juga perahu khas Banjarmasin yang berlalu lalang di sungai. Objek wisata ini sangat cocok bagi yang hobi memancing. Jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan sekitar sungai Martapura saja, Anda bisa duduk di bangku yang sudah disediakan sambil menikmati kuliner dari warung yang berjajar di taman tersebut.

13. Taman Maskot

Taman Maskot Bekantan Banjarmasin

Taman Maskot Bekantan Banjarmasin

Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu ini menampilkan dua maskot dari kota Banjarmasin yakni bekantan dan juga pohon kasturi. Pada gerbang masuk taman ini, Anda akan disambut dengan sebuah patung bekantan yang seukuran manusia dewasa. Tak jauh lagi di belakangnya, ada juga patung pohon kasturi dengan monyet –monyet yang bergelantungan. Pada sebelah kanan gerbang masuk taman ini, ada rumah tanaman yang banyak berisi pohon kaktus, lidah buaya dan juga beberapa jenis tanaman lain dalam pot. Taman Maskot ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap yakni seperti lahan parkir, toilet, mushola, bangku-bangku taman, warung makan dan arena bermain untuk anak-anak. Lokasi tempat wisata ini berada di pusat kota Banjarmasin, tepatnya lagi di Jalan H. Djok Mentaya.

14. Taman Wisata Alam Sari

Taman Wisata Alam Sari

Taman Wisata Alam Sari

Taman Wisata Alam Sari merupakan sebuah taman wisata di Banjarmasin yang ada banyak berbagai jenis buah khas Kalimantan dan juga Anda bebas memetik sekedar untuk dimakan di tempat saja. Selain itu Anda juga dapat menikmati rekreasi di taman ini dengan naik perahu bebek. Selain itu para pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Banjar.

15. Pendulangan Intan

Pendulangan Intan Di Banjarmasin

Pendulangan Intan Di Banjarmasin

Objek wisata ini terletak di Desa Pumpung. Ketika tiba di sana, Anda akan bisa melihat para pendulang intan yang bekerja dan Anda juga dapat mencoba kegiatan mendulang intan. Di lokasi Pendulangan Intan ini juga bisa Anda jumpai industri rumah tangga yang membuat intan mentah yang menjadi batu permata yang sangat cantik. Apabila ditempuh dari pusat Kota Martapura ini Anda butuh waktu kurang lebih dari 30 menit untuk bisa sampai ke pendulangan intan.

16. Kampung Sasirangan

Wisata Kerajinan Kampung sasirangan

Wisata Kerajinan Kampung sasirangan

Indonesia memang kaya akan beragam kesenian salah satunya adalah batik yang berasal dari seluruh wilayah nusantara. Dan salah satu batik tersebut ada yang berasal dari Kota Banjarmasin yang disebut dengan batik sasirangan. Sesuai dengan namanya, batik yang satu ini memang berasal dari Kampung Sasirangan. Di tempat ini Anda dapat memuaskan keinginan untuk berbelanja segala perlengkapan yang berbau dengan batik, yakni seperti dompet,  sprei, tas, pakaian, dan juga selendang. Batik yang khas dari daerah Banjarmasin ini tentunya memiliki ciri khas sendiri yang berhasil menarik minat dari masyarakat untuk membeli dan juga mengenakan batik sasirangan ini.

17. Museum Wasaka

Mengetahui Sejarah Kota di Museum Wasaka

Mengetahui Sejarah Kota di Museum Wasaka

Nama Museum Wasaka sebenarnya memiliki arti yakni waja sampai kaputing yang juga merupakan motto dari perjuangan warga Kalimantan Selatan. Nah, ketika Anda sampai ke museum ini Anda dapat jumpai berbagai macam benda dan juga beberapa koleksi yang bersejarah. Beberapa contoh diantaranya adalah foto, seragam perjuangan, senjata api, mesin ketik, dan juga sebagainya. Senjata api itu merupakan barang rampasan para pejuang dahulu yang tengah berperang melawan tentara Belanda. Tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini menjadi salah satu daftar favorit dari para wisatawan yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

18. Desa Pumpung

Melihat Penambangan Intan Di Desa Pumpung

Melihat Penambangan Intan Di Desa Pumpung

Desa Pumpung sudah termasuk wilayah dalam Martapura. Desa yang merupakan penghasil intan ini ternyata banyak dikunjungi oleh para pelancong yang ingin menyaksikan kegiatan penambangan intan yang dilakukan dengan cara manual oleh warga sekitar. Tempat ini menjadi pusat penambangan intan di kawasan ini, dan cukup terkenal karena memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan intan dalam jumlah yang tak sedikit. Kawasan ini juga memiliki panorama alam sekitar yang masih terlihat asri dan memiliki udara yang sejuk.

19. Menara Pandang

Menikmati Keindahan Kota Dari Menara Pandang

Menikmati Keindahan Kota Dari Menara Pandang

Kota Banjarmasin sekarann ini punya ikon baru, yakni Menara Pandang Sungai Martapura. Menara Pandang Banjarmasin ini sangat terlihat jelas dari samping Sungai Martapura. Anda dapat masuk ke dalam menara dan juga bisa menikmati pemandangan sungai serta Kota Banjarmasin dengan mata telanjang. Objek wisata yang satu ini baru diresmikan Juni 2014 lalu. Menara Pandang terletak di Siring Pierre Tendean, Sungai Martapura. Di sini para turis bisa menyaksikan pemandangan pusat kota.

20. Jembatan Barito

Jembatan barito Icon Kota Banjarmasin

Jembatan barito Icon Kota Banjarmasin

Tempat wisata yang terakhir kami rekomendasikan bagi Anda adalah Jembatan Barito. Jembatan yang mempunyai panjang kurang lebih dari 1 km ini menghubungkan sisi barat dan sisi timur Sungai Barito. Menikmati keindahan sungai Barito dari atas Jembatan Barito akan sangat menyenangkan dan menjadi juga pengalaman yang tak akan terlupakan. Keindahan pemandangan dari sungai barito pada sore hari akan semakin menambah nilai plus tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini. Oleh karena itu jembatan barito tak pernah sepi dari para pengunjung terlebih lagi di waktu sore hari. Di sekitar jembatan barito pun terdapat berbagai jenis kuliner khas banjarmasin yang bisa Anda nikmati saat sedang berkunjung ke tempat ini.

Tempat Wisata Lainnya

Itulah tadi 20 Tempat Wisata di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dalam menambah pengetahuan serta informasi yang lebih luas lagi. Selamat berlibur dan dapatkan masa liburan terbaik Anda di tempat wisata yang ada di Banjarmasin. Terimahkasih sudah bertandang ke ngowos.com.

 

Inilah 20 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Paling Instagrammable | Rafi | 4.5
error: Content is protected !!